Searching...
Rabu, 01 Juni 2016

Registrasi Mahasiswa Baru SNMPT 2016

Registrasi Mahasiswa Baru SNMPT 2016Registrasi Mahasiswa Baru SNMPT 2016 salah satu perguruan tinggi terkenal di Indonesia telah usai sebagian yang dilanjutkan esok hari. Ada hal yang menjadi pertanyaan dari proses yang terjadi hari ini, yaitu adanya pengelompokan dimana mendahulukan bidang IPA dan Sains, kemudian baru bidang IPS dan Umum. Bukankah hal tersebut merupakan diskrimanasi, atau bahasa gampangnya "ngebeda-bedain" antara dua kelompok.

Pengelompokan tersebut terjadi, karena besarnya jumlah mahasiswa baru jalur SNMPTN  2016 pada universitas yang tidak disebutkan namanya. Bila memang jumlahnya besar, kenapa tidak diantisipasi dengan cara selain membedakan jurusan. Bagi saya sangat mengherankan pengelompokan pada saat registrasi di universitas tersebut. Apa alasanya mendahulukan bidang IPA dan Sains? Lalu kenapa IPS di nomer duakan?

Kalo dilihat dari pengelompokan tersebut, bukankah ada terselip diskriminasi dan akan menimbulkan banyak pertanyaan? Boleh lah pengelompokan tersebut untuk mensiasati atau mempersingkat dan untuk memperlancar proses registrasi. Kebetulan hal ini terjadi pada adik saya yang beruntung dapat perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN 2016. Cuma disayangkan proses registrasinya masih jadul plus kolot dengan membagi dua bagian yang seharusnya tidak dilakukan di era android seperti sekarang ini.

Kenapa kedua kelompok tidak berjalan bersamaan, tetapi dibagi menjadi dua tempat atau lokasi. Tidak ada kesan diskriminasi antara keduanya dan terkesan adil. Atau bila mengelompokan pun harus ada alasan dan tidak terselip unsur diskriminasi, misalnya mendahulukan mahasiswa perempuan dan baru kemudian mahasiswa laki-laki. Bukan membedakan jurusan atau bidang, yang jelas-jelas seperti ada nomer 2 dan nomer 1.

Bagi saya yang melihat pengelompokan antara pada registrasi yang terjadi pada salah satu perguruan tinggi terkenal Indonesia ini jadi geli sedikit heran. Prioritas biasanya dibuat dengan berbagai alasan yang masuk akal, misalnya mendahulukan bidang IPA dan Sains alasanya adalah karena bidang IPA dan Sains lemah. Bila ditempatkan diwaktu akhir akan pingsan semua. Atau jeleknya adalah bila muncul ungkapan, IPA dan Sains lebih hebat, jadi pantas didahulukan.

Pembagian seperti itu pada proses registrasi adalah kesalahan total panitia, karena akan memunculkan berbagai opini perihal diskriminasi. Dimana seharusnya tidak terjadi, bilamana pembagiannya tidak berdasarkan bidang atau jurusan. Hal bodoh lah, jika saat ini masih buat tindakan diskriminasi seperti itu. Semoga Registrasi Mahasiswa Baru SNMPT 2016 pada tanggal 31 Mei salah satu perguruan tinggi terkemuka yang terkesan melakukan diskriminasi dengan mendahulukan bidang IPA dan Sains tidak terjadi lagi. Tulisan ini memang tidak jelas, tapi terjadi tanggal 31 Mei 2016 pada saudara sendiri yang harus menunggu hingga malam untuk proses registrasi. 

0 comments:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

 
Back to top!