Searching...
Selasa, 30 Juli 2013

Lomba Blog UKM Kota Solo, Kegiatan Kecil Berdampak Besar

Lomba Blog UKM Kota Solo, Kegiatan Kecil Berdampak Besar
Lomba Blog UKM Kota Solo, Kegiatan Kecil Berdampak Besar adalah lomba blog yang diadakan oleh Blogger Danukusuman dan pemerintah Kota Solo dengan mengikutsertakan peran masyarakat dalam meningkatkan kegiatan UKM Solo. Melihat kegiatan dari lomba blognya saja mungkin kegiatan ini adalah termasuik kegiatan kecil dan sederhana, namun memiliki dampak luar biasa dimasa mendatang. Pastinya, kegiatan dan produk UKM Kota Solo akan dikenal lebih luas dari sebelumnya.

Lomba blog UKM Kota Solo memang bukan yang pertama di Indonesia, tapi bentuk kegiatan seperti inilah yang benar-benar memberi dampak positif dikemudian hari. Kegiatan kecil semacam ini sangat diperlukan oleh para pelaku UKM dimana pun, lalu tentunya Lomba Blog UKM kota Solo adalah wujud dari perhatian pemerintah kota Solo dalam memajukan kegiatan UKM di Kota Solo. Dampaknya bukan saja akan dikenal lebih luas, tapi juga akan menimbulkan dampak cinta pada produk sendiri di masyarakat kota Solo.

Bila kegiatan seperti lomba blog yang telah diadakan di Bali dan kini di Kota Solo itu dilakukan oleh seluruh daerah di wilayah Indonesia, bisa dibayangkan dampak yang akan diperoleh para pelaku UKM di seluruh Indonesia. Secara tidak langsung hal tersebut akan membuat masyarakat Indonesia lebih mencintai produk dalam negeri dari produksi UKM-UKM di negeri ini. Tidak itu saja, produk UKM Indonesia, khususnya UKM Kota Solo akan dikenal di manca negara karena luasnya jaringan promosi via internet.

Kegiatan semacam inilah yang seharusnya lebih banyak dipromosikan di media-media massa, entah itu media cetak atau pun online termasuk media televisi. Memang kelihatan jadul sekali berita atau informasi model kegiatan seperti itu. Pertama tidak menguntungkan bagi penyiar dan tidak menarik, karena buka gosip, sinettron atau iklan politik merk "kecap". Kalau semua media memberikan peluang dan atau perduli pada kemajuan produk dalam negeri, tentunya kegiatan UKM akan mendapat tempat tetap dan bukan sekedar ulasan atau selipan berita di tengah malam sepi penonton atau disudut belakang halaman surat kabar.

Bukan rahasia lagi produk import lebih diminati oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, karena memang suguhan berita, iklan dan lain sebagainya lebih banyak ditayangkan atau diberitakan dibanding produk UKM. Pantas dan wajar bila produk UKM dianggap produk kelas "sekian" dibanding produk import dan bahkan tidak dikenal, entah itu hanya sekedar makanan kecil "snack". Coba saja buktikan, dengan bertanya pada seorang anak kecil tentang produk yang mereka kenal! Dijamin seratus persen jawaban mereka adalah produk berlabel yang sering nongol atau diberitakan melalui iklan dan tentunya bukan produk UKM.

Tidak populernya produk UKM sama persis dengan pemberantasan korupsi. Kapan produk UKM bisa maju atau korupsi bisa hilang, bila promosi untuk keduanya lemah? Dan bahkan sebaliknya, promosi UKM digulung oleh iklan produk berlabel asing atau import. Pemberantasan korupsi tergulung oleh iklan kemewahan ala barat dan iklan langsung pelaku korupsi oleh 'mereka-mereka juga' atau tontonan "wah" ala metropolis. Bagaimana bila produk UKM  atau perihal korupsi mendapat lebih banyak kesempatan promosi dan bukan sekedar 'even'? UKM pasti jauh lebih 'ngacir' dan untuk korupsi pasti akan pikir-pikir seribu kali, bila promosi atau iklan lebih mendapat tempat dan diberi peluang seluas-luasnya.

Menurut saya, lomba blog UKM Kota Solo dan juga Bali itu harus dijadikan contoh bagi para pentolan (baca: pemimpin) negeri ini. Ya bukan dalam bentuk lomba blog saja tentunya. Kegiatan kecil, murah dan mudah seperti itulah, tapi memiliki dampak begitu luas dan besar dikemudian hari. Dampak secara langsung tentu akan dirasakan oleh para pelaku UKM itu sendiri. Selain produknya akan dikenal lebih luas, para pelaku UKM mau tidak mau akan memiliki hasil dari lomba blog berupa "blog" karya para peserta. Dan itu berarti para pelaku UKM telah memiliki sarana promosi canggih, yaitu lewat internet melalui Blog para peserta.

Untuk ukuran kegiatan seitngkat kota Solo, lomba Blog itu sepertinya ecek-ecek dan tidak seberapa. Tapi dampak dilkemudian hari nanti bukan main besarnya. Ide-ide sederhana semacam itu diperlukan daripada konsep plintat-plintut ala Einstein. Hal kecil tapi besar manfaatnya, bukan seperti bicara manis, bicara jargon, bicara teori atau konsep besar hasil kecil. Acung jempol buat daerah seperti Kota Solo atau Bali, kecil kotanya, kecil kegiatannya, tapi besar manfaatnya. Lomba Blog UKM Kota Solo, bukan sekedar lomba, tapi lebih dari itu. Salut, sedikit bicara banyak kerja dan manfaatnya. Sukses untuk lomba blog UKM Kota Solo.

Kegiatan lomba Blog UKM Kota Solo adalah sebagai bukti kerjasama erat antara masyarakat dengan pemerintah kota, yaitu antara Blogger Danukusuman yang mendapat dukungan pemerintah Kota Solo. Sumbangsih kecil Blogger Danukusuman dan dukungan pemerintah kota Solo akan membuat kegiatan UKM Kota Solo semakin maju dan semakin dikenal luas. Lomba blog UKM Kota Solo, meskipun merupakan kegiatan kecil oleh Blogger Danukusuman, tapi berdampak sangat besar. Inilah satu bentuk keharmonisan antara masyarakat dengan pemerintah Kota Solo. Terima kasih, peace!!

0 comments:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

 
Back to top!