Searching...
Jumat, 03 Mei 2013

Memperbaiki 'Undefined Entry Element: Georss Box'

Undefined Entry Element Georss Box
Lama tidak buka blog dan lihat isi blog, kecuali nulis blog sekenanya. Ternyata iseng-iseng check di RSS validator hasilnya ada kata 'Sorry', lalu ada tulisan lanjutannya, 'Undefined entry element georss:box' Asli ga mudeng apa maksudnya dalam bahasa blogger, meskipun dah buka pakai Ctrl F. Dimana salahnya ya? Karena kurang paham, langsung dah coba ganti template pakai yang standar blogger, ternyata sama saja. Kalimat itu lagi yang keluar, huh mengesalkan!

Beberapa template dicoba, hingga traffic terjun bebas akibat gonta ganti template (maklum ga ngerti). Banyak artikel out off date ga jadi dimuat gara-gara penasaran dengan kata 'Sorry' dan kalimat 'Undefined entry element: georss:box' di RSS validator. Masa bodoh dengan traffi terjun bebas, sikat terus cari sumber masalah. Cari kiri dan kana percuma ga ketemu, meskipun browsing pakai bahasa langit. Hampir seminggu cari refferensi dan pelajari W3C, tapi tetap saja dongdong ga ngerti blas. Akhirnya nyerah dan coba-coba pelajari blogspot lain yang rata-rata sudah jawara dan semua lolos Atom 1.0 feed 

Istilah Atom 1.0 feed blank, alias  gelap makanya masalah tulisan undifed itu ga kelar-kelar. Dari sekian banyak blogspot yang aku check ada juga sih dan lumayan sama masalahnya dengan blog aku, kata Sorry dan tulisan ' Undefined entry element: georss:box' muncul ketika di check. Namun, sebagian besar blog yang di check lolos atom 1.0 feed. Jadi sedih plus kesel campur aduk, malah hampir delete blog gara-gara salah terus. Submit di GeoUrl sudah, tapi tetap saja kalo kolom lokasi dipostingan itu diisi lokasinya, hasilnya di RSS Validator ya 'Sorry'. Parah, pusing!

Saking frustasinya lantas kubuat satu blog baru buat utak-atik dan cari sumber masalahnya, karena dah hancur blog aku ini. Pertama kucoba ikuti cara w3c dan cara om google saat buat postingan, lalu ku periksa lagi di RSS validator ternyata 'Sorry' lagi. Pantang mundur, hapus postingan dan muat lagi, eh ternyata ko jadi valid Atom 1.0 feed?? Muncul seribu tanda tanda, ko bisa ya? Kubuka postingan itu, check satu persatu, bagian demi bagian dan ternyata ada satu yang aku lupa isi, yaitu kolom atau kotak lokasi. Apa iya permaslahan ' Undefined entry element: georss:box' akibat memasukan lokasi?


Untuk menjawab pertanyaan tadi, lalu kumasukan lagi lokasi dan ternyata kata Sorry dan kalimat undefined itu muncul lagi. Mungkinkah memasukan lokasi adalah penyebab tidak valid Atom 1.0 feed? Padahal cuma 1 postingan dengan template bawaan blogger, lalu apa fungsinya kotak itu bila muncul kata sorry dan kalimat undefined bla bla? Ah, mungkin aku saja yang bodoh dan kurang paham.

Pada kalimat ' Undefined entry element: georss:box' diikuti oleh angka dan kebetulan hingga puluhan, apa angka tersebut adalah jumlah kesalahan georss dan itu bisa dilihat ketika menggunakan Ctrl F di RSS validator. Kemudian tanpa pikir panjang dan masa bodoh dengan blog ini, lalu mulai kuhapus satu per satu lokasi yang ada di kotak (kolom) postingan hingga tangan kesemutan. Kurang lebih waktu yang diperlukan untuk menghapus lokasi postingan blog ini sekitar satu jam lebih, karena hampir seluruh postingan  menggunakan lokasi. Cape deh!

Alhasil dengan ijin Allah dan perjuangan pantang menyerah meskipun dongdong dan gelap ilmu blogger, ketika blog di check di RSS Validator kata yang muncul 'Congratulation' dan valid 'Atom 1.0 feed' Mayan dah usaha abal-abalan plus nekat dan berisiko blog hancur ternyata berhasil. Yang jadi pertanyaan adalah: "Kenapa jumlah lokasi error tidak sama dengan lokasi yang dibuat pada postingan sebnarnya? Misalnya jumlah postingan 100++, ' Undefined entry element: georss:box' paling hanya 40-an. Kenapa bisa begitu ya? 

Mungkin cara yang aku buat adalah salah, tapi yang penting valid atom 1.0 feed. Untuk manfaat dan sebagainya aku kurang jelas, yang penting bisa valid atom 1.0 feed. Buat yang sudah jago tulisan ini jangan diambil hati, tapi buat teman-teman yang sedongdong aku perihal blogger mungkin ada gunanya. Tinggal hapus lokasi yang ditulis di kotak lokasi di portingan saja semua beres dan bisa valid atom 1.0 feed  ' Undefined entry element: georss:box' memang mengherankan, bila pemecahannya adalah menghapus sebagian lokasi yang kita isi di kolom atau kotak lokasi di postingan. Semoga berguna, dan Alhamdulillah sekarang aku kosongkan kotak lokasi yang ada dipostingan, daripada nanti ada kata Sorry dan kalimat ' Undefined entry element: georss:box'.

Maaf, tulisannya ini dibuat karena ada kaitannya dengan kekacauan (corrupt) di blog ini, mudah-mudahan tidak terjadi pada blog lainnya. Tulisan ini bukan info atau trik blogger, tapi sekedar tulisan iseng alias curhat. Jangan ditiru cara abal-abal memperbaiki 'Undefined entry element: georss:box'!! Thank's

0 comments:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

 
Back to top!