Searching...
Sabtu, 20 April 2013

Trik Agar Lembar Jawaban UN Tidak Rusak


Trik Agar Kertas Lmebar Jawaban Tidak Rusak
Entah benar atau tidak, menurut salah satu televisi diberitakan, bahwa lembar jawaban UN SLTP 2013 sepertinya tipis dan mudah berlubang. Untuk mengatasi hal tersebut, ada sedikit trik agar kertas lembar jawaban tidak rusak. Bila benar lembar jawaban UN SLTP 2013 mudah berlubang karena tipis, adik-adik sudah punya persiapan untuk tidak melubangi atau merusak kertas lembar jawaban UN. 

Mudah-mudahan berita tentang persiapan soal UN SLTP 2013 yang siap dibagikan pada subuh hari Senin, 22 April 2013 itu tidak benar. Trik ini untuk jaga-jaga saja, lalu bagi orang tua atau saudara yang putera dan puterinya akan mengikuti UN SLTP 2013 perlu memberitahukan dan membantu persiapan mereka masing-masing. Lembar jawaban UN yang rusak karena tertusuk atau sedikit berlubang akibatnya tidak akan terdeteksi oleh scanner dan ini akan merugikan siswa-siswa itu sendiri.

Kali ini saya tidak membahas carut-marut mengenai persiapan UN yang kisruh ditingkat SLTA. Pada tulisan ini hanya ingin share pada bapak/ibu atau saudara yang memiliki dan atau berhubungan dengan anak yang akan mengikuti UN SLTP, agar  memberi masukan untuk berhati-hati dalam membuat lingkaran pada lembar jawaban yang diisukan mudah sobek atau tipis. 

Bagaimana cara agar kertas lembar jawaban tidak sobek atau berlubang ketika dilingkari? Dan bagaimana tips agar maksimal mengerjakan soal UN ? Maaf bukan saya sok pintar lho, dipakai boleh tidak dipakai tidak masalah. Begini caranya dan mudah-mudahan cocok dan gampang :

Jangan gunakan pensil yang baru diraut

Pensil yang baru diraut itu sebenarnya bagus, hanya saja dalam keadaan stress dikejar waktu dan terburu-buru dalam melingkari lembar jawaban akan menyebabkan kertas jadi berlubang. Lubang itu tidak akan nyata karena tertutup oleh hitamnya pensil 2B. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum digunakan sebaiknya pensil digoreskan terlebih dahulu dikertas lain untuk menghilangkan ujung runcing dari pensil. Bila perlu siapkan beberapa pensil yang telah diraut dan ujungnya ditumpulkan sedikit, sehingga saat mengerjakan soal tidak lagi repot dan bingung serta lebih tenang dalam membuat lingkaran di lembar jawaban.

Gunakan alas seperti clipboard atau kaca

Rusaknya lembar jawaban saat membuat lingkaran bisa juga disebabkan oleh alas lembar jawaban yang digunakan. Kondisi tertekan dan berburu dengan waktu pasti membuat siapapun tidak akan menyadari, bila saat menjawab dilembar jawaban pensil ditekan terlalu keras. Akibatnya kertas jawaban akan tertekan dan mungkin sobek bila terlalu cekung akibat alas lembar jawaban yang lunak. Saran saya, sebaiknya gunakan clipboard mika atau kaca untuk alas lembar jawaban. Dengan menggunakan clpiboard atau kaca, lembar jawaban tidak akan terlalu tertekan dan hasil dari lingkaran yang dibuat lebih tebal tanpa harus menekan terlalu keras.

Ganti pensil bila terasa sudah licin dengan yang baru

Pensil yang sudah terasa licin ketika digunakan akan membutuhkan tenaga yang lebih besar, agar lingkaran pada lembar jawaban  berwarna hitam pekat. Nah, pensil yang sudah terasa licin ini secara tidak senegaja dan tidak sadar akan membutuhkan tekanan yang lebih besar hingga tanpa sadar akan melubangi atau merusak kertas lembar jawaban. Untuk itu, sebaiknya siapkan pensil 2B lebih dari satu, agar hasil jawaban lebih aman dan terhindar dari kerusakan atau berlubang.

Tiga hal diatas itu adalah strategi dalam penggunaan perlengkapan untuk UN, apalagi bila kertas lembar jawaban tipis. Jangan salah, kertas lembar jawaban tebal SNMPTN pun bisa berlubang, bila tidak melakukan persiapan pada perlengkapan alat tulis yang akan digunakan. 

Untuk trik tambahan disamping doa, istirahat cukup dan ketenangan, dalam mengerjakan soal sebaiknya tidak terpancing oleh soal. Maksudnya begini, sekarang ini banyak materi soal yang sifatnya reading dan itu akan menyita waktu dalam menjawab hingga akhirnya asal-asalan karena waktu mendekati selesai. Untuk mnyiasati soal yang bersifat reading, sebaiknya baca soalnya dahulu, baru kemudian melihat bacaan. Kenapa begitu? Jawabannya mudah saja, bila membaca soal maka kita akan dituntun dan mengarah ke bacaan yang diperlukan saja. Berbeda bila membaca dahulu dan habis waktu tanpa tahu apa persoalan yang harus dijawab. Entah itu bahasa Inggris atau bahasa Indonesia semua sama saja. Persiapan lain yang paling utama tentu melakukan persiapan alias giat belajar sebelum UN, semua akan berjalan lancar bila persiapan telah benar-benar dilakukan dan bukan ketika UN berlangsung baru disadari kurangnya persiapan.

Sepertinya itu saja tambahan dari saya, semoga bermanfaat bagi pelajar yang akan melakukan UN. Mungkin  trik ini juga berguna bagi pelajar SLTA yang akan mengikuti ujian tulis masuk perguruan tinggi, karena pada tingkat tersebut jangankan berlubang, lecek  sedikit saja bisa fatal dan gagal. Semoga sukses dalam menempuh UN SLTP atau Ujian tulis masuk perguruna tinggi negeri 2013. Selamat melaksanakan UN saudaraku! Jaga dan berhati-hati, agar lembar jawaban UN tidak rusak!

0 comments:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

 
Back to top!