Searching...
Senin, 15 April 2013

Darimana Anggaran Tim khusus Pengelola Twitter Presiden?


Akun Twitter Presdien SBY di Kelola Tim Presdien
Presdien SBY telah meluncurkan akun twitter pribadi pada tanggal 13-4-2013 di Istana Cipanas, lalu akun tersebut akan dikelola oleh tim khusus dan Presiden bisa tweet sendiri jika ada informasi penting yang ingin disampaikan kepada publik. Pertanyaannya, darimana anggaran bagi tim khusus pengelola akun twitter Presiden SBY itu?

Sebenarnya tidak ada masalah siapapun yang mengelola akun twitter SBY, karena memang tidak mungkin SBY harus nge-tweet ketika bertugas sebagai kepala negara. Kecuali setelah pensiun mungkin sebaiknya akun tweet SBY dikelola sendiri. Seperti apa yang dikatakan oleh Dahlan Iskhan, "bila akun twitter dikelola orang lain, mending tidak usah punya akun twitter". 

Bila akun twitter menurut Dahlan Iskhan itu harus dikelola sendiri, berarti anggaran untuk tim khususn pengelola akun twitter Presiden SBY pun harus berasal dari kocek Presiden pribadi. Kecuali akun tersebut adalah akun resmi negara atas nama Presiden Indonesia dan dikelola oleh tim Presiden. Meski terlambat ide Presiden SBY lumayan cemerlang, tapi bukan berarti dengan posisi Presiden maka untuk pengelolaan akun twitter pun menggunakan anggaran negara.

Anggaran untuk pengelola akun twitter Presiden SBY adalah hal lumrah dan biasa bila menggunakan dana pribadi bapak Presiden, tapi tidak biasa bila anggaran biaya pengeluaran bagi pengelola akun twitter itu berasal dari uang negara. Bila anggaran biaya pengeluaran berasal dari engara dan bukan berasal dari kocek pribadi, berarti bapak Presiden seprtinya kurang bijaksana ditengah keadaan masyarakat yang semakin ditekuk oleh beberapa kenaikan harga. Kalau tim pengelola akun twitter adalah tim khusus presdien yang itu-itu juga ya tidak masalah, baru masalah bila pengelola adalah tim khusus presdien khusus bentukan baru untuk mengelola kaun twitter Presiden.

Mohon maaf sebelumnya, bila bapak Presiden buka akun twitter dan ingin lebih dekat dengan rakyat, berarti boleh dong saya sebagai bagian dari rakyat Indonesia mengkoreksi atau bertanya tentang sumber anggaran biaya bagi tim pengelola akun twitter bapak presdien SBY. Pertanyaan lain selain sumber anggaran biaya bagi pengelola adalah kenapa bapak presiden tidak ingin dekat dengan rakyat melalui twitter diawal-awal twitter didirikan tahun 2006?

Sekali lagi mohon maaf, sepertinya akun twitter adalah strategi jelang pemilu dan restorasi permasalahan Partai. Nah, bila memang dekat dengan rakyat untuk tujuan partai, mungkin sasaran dekat dengan rakyat tidak ada artinya. Saya lebih setuju bila akun twitter itu diberi nama Presiden Indonesia dan tidak masalah meskipun menggunakan anggaran negara, karena akun twitter tersebut akan estafet ke presiden berikutnya dan juga bisa dipastikan akun twitter tersebut tidak akan digunakan untuk keperluan apapun yang bersifat pribadi.

Menurut saya, akun twitter Presiden SBY adalah akun pribadi dan tidak bisa digunakan untuk urusan kenegaraan. Coba kita lihat bagaimana Barack Obama yang lebih dulu menggunakan twitter di tahun 2007, sang presiden tidak men-tweet lagi saat ini. 
"Seluruh akun media sosial sang presiden sudah diserahkan pada lembaga non partisan dan tak seorang pun yang tahu perpindahan itu," kata Philip Bump, seperti dilansir CNN, 9 April 2013. Akun resmi Obama yang kini memiliki 29.805.391 followers kini diserahkan ke lembaga  Organizing for Action, sebuah lembaga offshot yang melakukan kampanye presiden tahun 2012. Sebagai orang yang paling sibuk, Obama harus berjibaku dengan negosiasi bujet, isu kontrol senjata, internasional krisis, dan berbagai masalah politik di Washington. Tentu ia tak punya banyak waktu untuk men-tweet. Namun, ia memastikan bahwa tweet-nya akan diberi tanda -bo.(sumber)
Jujur saja saya pribadi agak bias memandang akun twitter Presiden SBY yang terlalu telat, jelang pemilu 2014 dan di kelola oleh tim khusus presiden. Semoga memang benarlah tujuan dari diluncurkannya akun twitter Presiden SBY demi mendekatkan diri kepada rakyat. Mudah-mudahan juga isi akun twtter Presiden SBY tidak berhubungan dengan partai. Pastinya kicauan presiden SBY akan selalu jadi Trending topic.Selamat deh pak Presdien.

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

 
Back to top!