Searching...
Rabu, 13 Februari 2013

Bukan Kejutan, Posisi Jokowi Tertinggi Capres 2014

Kejutan Jokowi di Survey Capres 2014Bukan kejutan, bila pada hasil survei Pusat Data Bersatu (PDBposisi Jokowi tertinggi mengungguli sejumlah nama lain yang diperhitungkan sebagai Capres 2014. Mungkinkah secepat itu beliau yang baru saja menjabat Gubernur DKI Jakarta akan diusung menjadi kandidat Capres Indonesia tahun 2014? Lalu, apakah akan mendapat restu dari PDIP yang juga akan mengusung ketua umumnya ibu Megawati Soekarno Putri sebagai capres 2014 nanti?

Meskipun posisi Jokowi sebagai capres 2014 tersebut hanya pada survey,  tetapi ini membuktikan nama Jokowi patut diperhitungkan. Bagaimana tidak diperhitungkan, pada survei PDB itu Jokowi mendapat prosentase terbesar, yaitu 21 persen suara disusul Prabowo dengan 17 persen suara, dan Megawati dengan 11,5 persen suara. Survei PDB itu diadakan pada tanggal 3-18 Januari 2013 dengan 1.200 responden yang berasal dari 30 provinsi.

Memang hasil survey tersebut belum tentu sesuai hasilnya dengan kenyataan, tapi paling tidak hasil survey bisa menjadi bahan pemikiran dan bukan bahan untuk mempengaruhi pilihan, terutama bagi PDIP. Hasil survey tersebut bisa juga dijadikan pembelajaran bagi partai-partai lain yang akan mengusung jago-jagonya nanti di Pilpres 2014 nanti. 

Kenapa sosok Jokowi yang baru dan lebih muda dalam kancah politik di Indonesia bisa begitu mencuat dibanding tokoh-tokoh politik lainnya? Berarti ada sesuatu yang membuat sosok Jokowi mendapat tempat dihati pemilih pada survey PDB tersebut. Bukankah janji-janji politik dari tokoh-tokoh senior lebih yahut dari jaman dahulu kala? Kenapa kalah sama sosok Jokowi yang gres alias baru itu.

Pernah saya membaca pada beberapa buku tua, bahwa bangsa Indonesia ini terkenal bangsa yang ramah hingga ke manca negara. Mungkin secara pribadi, sosok Jokowi lah satu-satunya yang mewakili itu. Coba kita liat, senyum, ramah dan selalu menerima uluran tangan siapapun yang ingin berjabat tangan, tanpa hardikan para bodyguard seram dan angkuh. Pertanyaan sepet pun ditanggapi positif dengan senyum gaya asli Indonesianya  Jokowi. Maaf ini bukan promosi, tapi kenyataan memang terlihat demikian adanya. Tak pernah beraut muka menyeramkan dengan sederat pengawalan ketat, kecuali disaat jebolnya tanggul banjir kanal barat wajah pak Jokowi terlihat lelah dan kecewa.

Grafik hasil survey capres 2014 oleh PDBHasil survey ini bukan yang terbaru menyebut sosok Jokowi sebagai capres 2014, kabar Jokowi kandidat capres 2014 ini sudah lama terjadi bila melihat berita diawal-awal Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Terpilih atau tidaknya sosok Jokowi pada bursa Capres 2014 sebenarnya tidak menjadi masalah bagi pak Jokowi. Saya yakin itu, pak Jokowi pasti tidak akan dicalonkan pada pilpres 2014, meskipun mendapat dukungan begitu besar dan fenomenal sebagai capres 2014. Paling tidak Indonesia telah memiliki sosok yang bisa mewakili keaslian wajah Indonesia yang ramah dan murah senyum. Pak Jokowi juga tidak memikirkan masalah capres 2014, kecuali konsentrasi mengurus Jakarta agar menjadi lebih baik, sesuai janjinya dimasa kampanye waktu itu.

Untuk yang kontra mohon jangan kebakaran jenggot dulu, sebaiknya memberi masukan kepada sosok yang dijagokan dan mencari tahu kenapa sosok Jokowi menjadi begitu dibanggakan dan menjadi pilihan. Meskipun kesempatan Jokowi untuk menjadi Capres 2014 itu kecil sekali dalam kancah politik Indonesia, kecuali partai pengusung sosok Jokwoi melakukan manuver, kemudian mencalonkan Jokowi sebagai Capres 2014 nanti. 

Ada kalimat menarik, entah benar atau tidak,"Munculnya nama Jokowi dalam daftar tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia memang membutuhkan sosok baru yang bisa membawa perubahan serta bebas dari kasus korupsi" (sumber). Kalo diambil gampangnya, artinya masyarakat Indonesia sudah bosan dengan gaya lama tokoh lama. Lalu sanggupkan tokoh-tokoh lama berganti wajah seperti yang diinginkan rakyat Indonesia, seperti keinginan masyarakat Indonesia pada sosok Jokowi? 

Benarkah masyarakat Indonesia menaruh harapan besar dan menginginkan sosok Jokowi dijadikan Capres 2014? Benar atau tidak tergantung dari pilihan masing-masing,  seperti polling disebelah kanan pada blog ini. Siapa kandidat Capres versi blogger? Polling ini tidak valid, karena bisa berulang kali melakukan pilihan. Hanya untuk meramaikan dan membuktikan apa benar sosok Jokowi itu begitu diharapkan sebagai Capres 2014. 

0 comments:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

 
Back to top!