Searching...
Sabtu, 12 Januari 2013

Antara Pohon Bangris dan Koruptor di Indonesia

Pohon Bangris Lebih bermanfaat dibanding Koruptor
Antara pohon Bangris dan Pelaku Koruptor di Indonesia ini terinspirasi oleh tulisan lama,  ketika itu penulisnya sedang mengerjakan project PLTS di beberapa kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur. Pada tulisan yang kubaca ini ada hal menarik mengenai pohon Bangris atau pohon madu, dimana pohon itu begitu dijaga dan terlarang untuk ditebang oleh suku Dayak yang berada disekitarnya. Seketika langsung ingat koruptor yang juga begitu dijaga dan sumber madu "duit" bagi golongannya.

Ada baiknya menampilkan tulisan mengenai pohon Bangris terlebih dahulu, dibanding masalah korupsi atau pelaku koruptor yang buat pusing kepala dan tidak pernah selesai-selesai itu.

Pohon ini terlihat menjulang tinggi diantara belantara pohon-pohon besar lainnya, bila dilihat sepintas warna batangnya pun berbeda, warnanya putih kekar menjulang tinggi dengan cabang dan ranting tersusun apik nan indah bagi yang melihatnya.

Pohon Bangris mudah ditemui di sepanjang perjalanan, bila melalui jalan lintas Kalimantan Timur. Sepanjang perjalanan dari kota Samarinda menuju Berau saat itu banyak ditemui pohon-pohon besar yang bergeletakan dan dibiarkan begitu saja, tapi ada satu pohon berbatang putih yang masih berdiri ditengah kerumunan batang yang tergolek setelah ditebang, itulah pohon Bangris, si pohon yang disebut juga pohon madu.

Pada tulisan ini, kelihatannya si penulis bingung melihat pohon besar-besar itu tergolek tanpa manfaat dan ketika ditanyakan, ternyata itu dilakukan oleh penduduk setempat untuk berladang atau menanam padi. Lalu, kayu-kayu itu dibiarkan hingga lapuk untuk  menyuburkan tanah tersebut. Lantas untuk pohon Bangris atau pohon madu itu menurut kepercayaan suku dayak adalah pohon berkah, karena memang banyak sarang lebah madu disana. Untuk itu pohon Bangris tidak boleh ditebang oleh suku dayak di Kalimantan Timur, mungkin juga di daerah Kalimantan lainnya.

Pohon Bagris banyak sarang madunya

Ternyata pohon Bangris ini adalah satu spesies tumbuhan yang dilindungi dan harus dijaga,   seperti pada pidato Presiden RI pada waktu peringatan hari lingkungan hidup seduinia pada tahun 2012 beberapa waktu lalu. Pada pidatonya, Presiden menyebutkan "...kearifan lokal Dayak Iban di Kalimantan Barat yang melindungi pohon madu atau bangris" (sumber:setkab.go.id), yang berarti berlaku pula untuk kawasan di Kalimantan Timur. Selain populasinya yang sudah semakin berkurang, pohon Bangris ini sangat produktif menghasilkan madu bagi masyarakat yang berada disekitarnya.

Pada tulisan yang kubaca ini pohon Bangris sangat mudah dilihat, meskipun berada jauh dan berada ditempat terbuka agar mudah melihat belantara hutan Kalimantan Timur. Tampak di kejauhan sosok dari pohon Bangris yang lurus menjulang tinggi diantara pohon-pohon raksasa lainnya. Kelihatan begitu kokoh dan spesial dibanding pohon meranti atau pohon yang kayunya berharga selangit, seperti kayu besi dari pohon Ulin. Terlihat sombong dan berbeda dari lainnya yang batangnya berkulit gelap, bila dilihat dari kejauhan. Lainya adalah keteraturan dari cabang dan ranting yang begitu apik membuat pohon Bangris semakin berbeda dengan pohon lainnya.

Pohon Bangris sangat kokoh dan kuat

Persamaan Pohon Bangris dengan Koruptor di Indoneisa ini
  • Pelaku tindak pidana korupsi di Indonesia banyak senyum dan tidak ada kesan dirinya itu penjahat yang menjijikkan. Intinya adalah mereka para koruptor masih memperlihatkan kesombongannya dimata publik. 
  • Pelaku Koruptor tidak pernah terlihat seperti pelaku tindak kejahatan, tetapi malah seperti artis dan aktor yang penuh dengan cahaya lampu kilat juru kamera para jurnalis, 
  • Tidak pernah ada koruptor yang dipukuli atau babak belur seperti tertangkapnya pencopet, yang terpaksa mencopet karena lapar
  • Pengawalan yang begitu ketat, sehingga kelihatan berlebihan bagai sang idola Justin Bieber
  • Meskipun sudah menjadi tersangka, masih banyapendukung dan teman dekat yang mendukung, terutama yang madunya banyak
  • Koruptor Indonesia memliki dijaringan yang begitu kokoh dan kuat
  • Koruptor memiliki kemampuan bekerja sama yang sangat baik dan tertata rapi satu dengan lainnya
  • Koruptor Indoenesia sangat manja dan berbeda pelayanannya
Hal diatas bila diperhatikan, sepertinya sama dengan pohon Bangris yang bila dilihat dari jauh sepertinya berkata "ini saya, berbeda dan hebat, bila dibanding pohon Ulin yang kayunya kuat bagai besi," Padahal setelah pohon Bangris itu didekati, ternyata kulitnya tidak seputih ketika terlihat dari kejauhan dan cabang serta rantingnya pun tidak semua pohon Bangris itu tertata apik seperti terlihat dari kejauhan. Pastinya bagi yang baru melihat pohon Bangris akan berdecak kagum bila melihat kegagahan dan keindahan pohon Bangris dari kejauhan.
    Pohon Bangris tetap berdiri tegak ditengah teman-teman sejawatnya yang sudah tergolek dan terkapar diatas tanah yang akan menjadi ladang, karena memang pohon ini dilindungi dan dipercaya oleh masyarakat sekitarnya sebagai pohon madu. Pohon ini akan dibiarkan hingga mati berdiri tanpa diganggu oleh gergaji mesin, meskipun tidak lagi menghasilkan madu Apapun jenis pohon di sekitar pohon Bangris, bila dilihat dari kejauhan tidak akan mengalahkan keindahan pohon bangris. Meskipun disebelahnya berjejer pohon-pohon mahal seperti pohon Ulin, pohon Bangris tetap menjadi pujaan dan akan selalu menjadi sumber madu bagi suku dimana mereka berada. Bahkan, tidak jarang, pohon Ulin yang bernilai mahal akan dikorbankan hanya untuk dijadikan pupuk. Pohon Bangris hanya mati akibat sambaran petir yang datang dari langit, karena memang pucuk pohon Bangris umumnya libih tinggi dari pohon-pohon lain disekitarnya.Selain itu juga, pohon Bangris juga bekerja sama dengan pohon-pohon besar lain disekitarnya untuk menjaga tanah dan ekosistem lingkungan disana.

    Perbedaan Pohon Bangris dengan Koruptor di Indonesia,
    • Pohon Bangris bekerja sama dengan pohon lain untuk kemaslahatan lingkungan, dan tidak merugikan siapa-siapa, tidak ada pohon pastinya akan terjadi pastinya atau tanah longsor
    • Pohon Bangris tidak pernah mengganggu atau memiskinkan masyarakat disekitarnya
    • Pohon Bangris rela dijadikan sarang lebah yang madunya diambil dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya, pohon Bangris tidak membagikan madu pada teman-teman sesama pohon
    • Pohon Bangris tidak pernah berbisik, mengajak atau bekerja sama dengan pohon lain didekatnya  untuk membodohi masyarakat sekitarnya
    • Pohon Bangris menyadari dirinya adalah sebuah pohon dan tidak ingin menjadi pohin, apalagi menjadi artis atau aktor
    • Pohon Bangris meski berbeda dari lainnya tetap tidak pernah memotong temannya dengan gergaji mesin
    • Pohon Bangris tetaplah sebuah pohon dan sebagai mahluk hidup, sangat mengerti diatas sana ada Yang Maha Pencipta, bahkan ketika mati tersambar petir atau cabangnya patah karena anging tidak pernah protes atau tidak puas selama hidupnya
    Jadi, antara pohon Bangris dengan koruptor di Indonesia?

    Pohon Bangris lebih baik dan mulia dibanding para koruptor, karena mereka berlaku apa adanya dan tidak ingin menjadi jenis pohon lainnya. Disini, seharusnya para koruptor menyadari, bahwa dirinya seharusnya menjadi mahluk mulia dan tidak bertindak korupsi seperti itu.

    Pohon Bangris lebih banyak memberi manfaat pada lingkungan sekitarnya dan hal yang patut, wajar bila pohon  Bangris itu dilindungi dan dijaga. Sedangkan para koruptor yang sebenarnya telah melakukan perbuatan hina dan keji itu tidak tahu diri, tidak tahu malu itu tidak patut mendapat perlakuan berlebihan. Sebaliknya, para koruptor  itu sebaiknya mendapat perlakuan lebih sakit dan berefek jera, seperti layaknya terpidana non kasus korupsi.

    Meskipun pohon Bangris terlihat gagah perkasa, tetap saja bisa tumbang oleh angin atau gergaji mesin, berbeda dengan korupto di Indonesia ini. Hampir keseluruhan penyelesaian kasus korupsi selalu berakhir tumpul, alias tidak ada efek jera. Mereka sepertinya dilapisi baju anti hukuman berat dan doa sederet pelindung sekaliber superman, akhirnya memancing generasi berikut untuk memilih jalan korupsi yang mudah dan cepat dalam investasi masa depannya. Bagaimana ini? Mau jadi apa Indonesia 5 atau 10 tahun mendatang?

    0 comments:

    Poskan Komentar

    Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

     
    Back to top!