Searching...
Senin, 05 November 2012

HP BISA JADI PEREKAM OBJECT DI MIKROSKOP

pemasangan alat rekam di mikroscop dan komputer

Pastinya sangat sulit menggambar hasil objek mikro dari mikrioskop cahaya yang biasa kita gunakan di sekolah-sekolah, mungkin yang paling hebat melukis pun belum tentu memwakili bentuk asli dari objek micro yang dilihat. Nah, jujur saja waktu itu aku gregetan tak mampu membuat gambar untuk laporan praktikum biologi. Sampai dirumah, dengan rasa penasaran dan kesal kubaca bku dan kucari, agar objek micro bisa  berpindah diatas kertas dengan hasil sempurna.

Kubuka refferensi dari berbagai buku, terutama buku biologi kesayanganku. Kulihat sepertinya terlintas ada bayangan terang dari buku yang kubaca, yaitu saat melihat mata. Dari sini mulai kuperluas refferensinya, dan ternyata tidak terlalu lama refferensi yang menguatkan kutemui dan ada dibuku fisika, mengenai pelajaran lensa. Dari mata dan lensa sepertinya ada sebuah pemecahan untuk memindahkan gambar objek micro di mikroskop ke atas kertas. Bahkan bisa membuat video dari objek micro yang hidup, seperti gangang hijau atau bakteri di air kotor.

Ditambah sedikit diskusi akhirnya akhirnya kutemukan solusi yaitu dengan membuat alat  bantu rekam pada mikroskop dan alat bantu penerangannya, yang fungsinya hampir menyerupai mata. Kebetulan waktu itu ada lomba LKIR LIPI, maka kuputuskan mengikuti lomba itu. Meskipun kalah, tapi alat yang sangat murah dan mudah dibuat ini tidak dimiliki oleh semua sekolah, pastinya sampai saat ini masih mengandalkan cara menggambar manual untuk merefleksikan hasil penglihatan objek mikro dari mikroskop keatas kertas, yaitu digambar dengan tangan dangan hasil yang berbeda satu sama lainnya. 

Saat pertama membuktikan kebenaran yang telah terkumpul, kugunakan HP teman dan tangan saja waktu itu. Ternyata berhasil, meskipun banyak kebocoran cahaya, sehingga gambar menjadi kabur dan bias terkena cahaya. Dari pengalaman itulah kemudian alat ini disempurnakan ala kadarnya bermodalkan HP N7210 yang kumiliki saat itu, sepotong kulit tak berguna, beberapa lampu led, kabel, alat perekat dan serta alat bantu lainnya.

Berikut ini adalah abstraksi yang diberi spasi saat belajar ikutan lomba sekelas LPIR LIPI 2009:

Kendala yang terjadi saat membuat hasil gambar pengamatan objek mikro menggunakan mikroskop cahaya pada saat praktikum biologi, pentingnya akurasi data hasil pengamatan, gambar objek mikro yang dihasilkan oleh mikroskop elektron dan penemuan mikroskop fluoresensi menjadi pendorong pembuatan alat ini, yang kebetulaln waktu itu diikut sertakan pada lomba LKIR LIPI. 

Penelitian dan pembuatannya dilaksanakan dari tanggal 2 Juli – 19 September 2009 adalah untuk meningkatkan daya guna mikroskop cahaya yang umum digunakan di sekolah-sekolah, khususnya pada pelajaran biologi. 


Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan prosedur penelitian mencakup tiga tahapan, yaitu : tahap awal (persiapan dan perencanaan), tahap proses pembuatan dan tahap penyelesaian. Setelah melalui ketiga tahapan tersebut, dalam penelitian ini dapat dibuat alat bantu rekam pada mikroskop dan alat bantu penerangannya. Alat bantu rekam pada mikroskop terdiri dari: alat bantu rekam, handphone nokia 7210 Supernova dan alat bantu penerangan objek yang terletak dibawah lensa objek, serta perangkat komputer.


Hasil uji coba dari alat bantu rekam pada penelitian ini, hasil pengamatan objek mikro dapat dilihat dan  direkam sesuai dengan warna dan bentuk aslinya tanpa perlu membuat gambar/melukis. Hasil dari penggunaan alat bantu rekam lebih akurat dibanding hanya menggunakan mikroskop dengan mata dan hasil pengamatan objek mikro dilukis tangan. 


Dengan fasilitas perekaman video membuat hasil pengamatan objek mikro menjadi lebih menarik dan lebih hidup, terutama pada pengamatan objek mikro yang bergerak, sehingga meningkatkan minat pelajar untuk mempelajari bidang ilmu biologi. Kelebihan dari penggunaan alat bantu rekam pada mikroskop ini, data hasil pengamatan dapat diperbesar sebelum dan sesudah perekaman lebih dari empat kali pembesaran mikroskop cahaya yang digunakan, data  tersimpan aman dalam memori handphone atau pun memori komputer dalam bentuk soft file. Semoga hasil penelitian yang berupa alat bantu rekam pada mikroskop ini berguna bagi pengguna mikroskop cahaya pada umumnya, khususnya pada pelajaran biologi bagi para pelajar SLTP dan SLTA. (oleh : Ad dan Mr)



Posisi pemasangan HP sebagai alat bantu rekam
Posisi pemasangan HP pada Alat Bantu Rekam

bagian-bagian dari alat bantu rekam
Alat Bantu Rekam
bagian alat bantu penerangan pada mikroskop
Alat Bantu Pencahayaan

Hasil Rekam Objek Mikro Menggunakan Alat Bantu Rekam:


Hasil rekam objek mikro tanpa Zoom
Hasil Rekam tanpa zoom
hasil rekam zoom di HP
Hasil rekam Setelah Zoom di HP

Kualitas Rekam sebelu dan sesudah zoom

Note: 

Alat dan bahan bisa menggunakan kulit, platik gelap atau karet bekas ban dalam, untuk meredam cahaya supaya tidak masuk kedalam. Kamera HP kalo bisa yang 5 megapixel, untuk HP Nokia hasilnya pasti bagus.

Hasil Rekam Objek Menggunakan Mikroskop Elektron

Objek yang di rekam oleh Microscop elektron
Hasil pengamatan dengan Microscop Electron

Objek hasil rekam mikroscop elektron
Hasil pengamatan dengan Microscop Electron


Objek hasil rekam microscop elektron
Hasil pengamatan dengan Microscop Electron
                       


--- Semoga Bermanfaat ---

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentarnya, ..Sukses Buat Semua! Mohon maaf, diharap tidak memasukan URL, iklan de el el pada komentar!! Mohon maklum, ..

 
Back to top!